Minggu, 08 Maret 2015

tutorial tentang perusahaan susu (milk) di marketglory

TUTORIAL PERUSAHAAN susu di market glory

Bahasan-bahasan atau tutorial tentang perusahaan market glory yang ada saat ini, pada umumnya membahas seputar bagaimana cara mendirikan perusahaan baik itu yang gratis (free) ataupun berbayar, di luar itu bahasan yang lebih mendalam lagi seperti biaya produksi, bahan baku, ratio wage terhadap biaya produksi dan lain sebagainya, jarang kita temukan. Kita akan mengetahuinya setelah kita terjun dalam perusahaan. 

Artikel ini tidak akan membahas bagaimana caranya mendirikan perusahaan tetapi membahas tentang untung ruginya mendirikan perusahaan, saat ini membahas raw milk company, semoga bisa bermanfaat bagi anda pemula yang dihadapkan pada pilihan mendirikan perusahaan koran atau susu mentah atau mungkin dua-duanya. 
http://www.marketglory.com/strategygame/dukun

1. indikator pertama : berapa harga pasar susu mentah baik lokal maupun global ??
Lokal
Global
harga pasar susu mentah lokal maunpun global adalah sama di kisaran 0.30 IDR


2. indikator kedua : berapa harga produksi dengan nilai wage saat ini (kisaran 250) ?
wage

berapa harga produksi dengan kisaran wage saat ini ?
1 liter susu mentah butuh 10 PP
harga produksi (production price) adalah indikator bagi harga jual susu mentah kita di pasaran (price), rumusnya sangat mudah, harga jual (price) harus di atas harga produksi (production price), menghitung harga produksi susu mentah sangat mudah karena tidak melibatkan bahan baku seperti perusahaan koran.
Faktor utama yang menentukan harga produksi susu mentah adalaha wage beserta biaya tax nya
Dengan asumsi indikator penentu harga produksi saat ini (gambar di atas), dan nilai PP pekerja adalah 20 kita hitung harga produksinya
Production price =  Total wage + tax wage (33%)
Jumlah susu yang di hasilkan (stock) = (20 x 8 jam) : 10
= 16 susu mentah
Total Wage = (wage : 1000) x PP
= (256,00 : 1000) x 20
=  5,12
Production Price = 5,12 + 1,707
= 6,827/ 16 susu mentah
= 0,43 per susu mentah
harga produski 0,49 IDR per susu mentah jauh di atas harga pasar saat ini yaitu 0,41 IDR per susu mentah, sudah barang pasti perusahaan akan merugi.
Berbeda dengan perusahaan koran selain wage, faktor penentu harga produksi adalah harga bahan baku, ratio kenaikan wage tidak signifikan terhadap kenaikan harga produksi, bahasa mudahnya, misal wage naik bahan baku tetap atau turun kenaikan harga produksi sangat kecil atau bahkan turun, sedangkan perusahaan susu mentah karena faktor utamanya adalah wage, semakin tinggi wage semakin tinggi harga produksi.
pertanyaannya,berapa harga wage ideal untuk harga produksi agar bisa bersaing dengan pasar global ?? mudah tinggal gunakan rumus di atas
Total Wage = Production Price – tax (25%)
= (0,30 x 16 stock) – tax (25%)
=  3,6
wage   = (Total wage / PP) x 1000
= (3,6 / 20) x 1000
= 180,00
pertanyaan terakhir, kapan wage bisa di kisaran 180 ?? saya tidak tahu :D, mungkin pemerintah yg tahu dengan terobosan kebijakan-kebijakannya
kesimpulan :
pergunakanlah tabungan IDR anda sebijak mungkin, jangan ngotot buka perusahaan tanpa dicermati terlebih dahulu, manfaatkan wage war saat ini dengan tidak bolos kerja setiap 3 harinya hindari war berlebihan di arena.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar